Home Tentang Akupunktur Sejarah Akupunktur

Sejarah Akupunktur

Email Cetak PDF

Akupunktur mulai berkembang di Cina sejak 700 tahun sebelum Masehi. Ilmu Akupunktur berkembang dari waktu ke waktu. Jarum akupunktur semula menggunakan batu. Selanjutnya jarum akupunktur berkembang/ merubah menjadi bambu, tulang dan perunggu.

Seorang pangeran saat itu (bernama Hao) disembuhkan dari ketidaksadarannya oleh ahli akupunktur (bernama Pien Cie) menggunakan jarum perunggu. Jarum akupunktur dari batu (ukuran 4,5 cun) yang berasal dari jaman pernah ditemukan di Duolon County Mongolia.

Pada Dinasti Han (206 Sebelum Masehi- 24 setelah Masehi), jarum menggunakan besi (metal). Pada jaman ini dikenal 9 macam jarum berbagai ukuran dan untuk berbagai kegunaan.

Setelah Perang Candu (1840) sampai tahun 1911, pengobatan akupunktur mendapat tekanan dan Pengobatan cara Barat mulai masuk ke Cina. Tahun 1914 pemerintah masih membatasi pengobatan tradisional dan membatasi pengembangan akupunktur.


Tahun 1899, Liu Zhongheng menjelaskan teori akupunktur secara teori Pengobatan Barat. Tahun 1934 Tang Shicheng memulai penggunaan elektro-akupunktur di Cina.

Tahun 1944 setelah Mao Zedong berbicara di Gabungan Pekerja Budaya, banyak dokter yang pernah belajar di Barat mulai mempelajari dan melakukan riset atas akupunktur. Akupunktur juga menyebar di dunia militer.

Pada bulan April 1945 sebuah klinik akupunktur dibuka di International Peace Hospital. Mulai tahun 1950 dikembangkan indikasi klinis dan akupunktur digunakan secara metode modern. Sejak tahun 1955 akupunktur dimasukkan dalam kurikulum di Sekolah Kedokteran Barat.

Tahun 1960 akupunktur dikembangkan akupunktur untuk anestesi. Selain itu juga dilakukan penelitian efek akupunktur terhadap fungsi pada sistem tubuh dan pada organ.

Sejak tahun 1970an penelitan telah dilakukan atas mekanisme akupunktur-anestesi dan akupunktur-analgesi (berhubungan dengan nyeri) dari sudut pandang bedah, ilmu anestesi, neuro-anatomi, kimia-sel, ilmu fisiologi, biokimia, psikologi dan elektro-medis.

Pada abad keenam akupunktur mulai dikenalkan di Korea. Abad ketujuh Pemerintah Jepang mengirim dokter- dokternya ke Cina untuk mempelajari akupunktur. Pada abad keempat belas ahli akupunktur Cina menyebarkan akupunktur ke Vietnam dan pada abad keenam belas akupunktur menyebar ke Eropa.

Tahun 1950, Cina mengajarkan akupunktur ke Uni Soviet dan negara Eropa Timur.

 

 
Spesialis Akupunktur Slide Show


 

Menurut Anda manfaat pengobatan dengan cara Akupunktur?
 
Ada 4 tamu online

 Titik Akupunktur




Google
Yahoo!


Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler